Dalam buku Antologi Jilid 11 ini, kembali dihimpun tulisan-tulisan saya di berbagai kesempatan. Isiannya berbeda-beda karena ada yang saya buat untuk kepentingan dalam negeri dan ada pula yang saya buat untuk kepentingan di luar negeri, termasuk tulisan-tulisan rekan-rekan sekantor saya, O.C. Kaligis & Associates.

Topik-topik karya tulis yang saya angkat dalam buku ini menyangkut tulisan-tulisan di dunia kampus, dunia keterampilan para pengacara di pengadilan niaga, sampai dengan isu-isu global seperti polusi di Riau yang bisa saja mengganggu penerbangan di Singapore.

Pemikiran-pemikiran saya ini dituangkan dalam Buku Antologi Jilid 11 agar saya sebagai Penulis dapat mengingat kembali apa yang telah saya lakukan dalam dunia saya yaitu dunia hukum. Kewajiban saya sebagai akademis yaitu mengemukakan pemikiran-pemikiran saya yang mungkin dan semoga dapat bermanfaat bagi dunia akademik dan para akademisinya.

Untuk kesekian kalinya kami mempercayakan penerbitan buku ini kepada Penerbit Alumni, khususnya kepada sejawat di dunia pendidikan, Prof. Em. Dr. Eddy Damian, S.H., saya sampaikan ucapan terima kasih sedalam-dalamnya. Teman sejawat saya ini selalu berpartisipasi menerbitkan karya-karya tulis saya, mulai dari Antologi Jilid 1 pada tahun 2007 sampai dengan lahirnya Buku Anologi Jilid 11 ini pada tahun 2015 sekarang ini.